Jumat, 13 September 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN TEORI SEL

Di Posting --> halysha ashryy di Jumat, September 13, 2013
~Diawali dengan penemuan mikroskop oleh Anton van leeuwenhoek  (1632-1723). melalui mikroskop tersebut, dia dapat melihat  benda-benda mikroorganisme yang bergerak-gerak didalam air  kotor. 

~Lalu, mikroskop tersebut dimanfaatkan oleh Robert hooke (1635-  1703) untuk meneliti sayatan dari kayu pohon oak. dia melihat  ada bagian  yang seperti kamar-kamar yang biasa disebut dengan  Sel.

~Penelitian lain juga dilakukan oleh Mathilas jacob schleiden (1838). dia menyatakan bahwa tumbuhan tersusun dari sel-sel.

~Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Theodor schwan (1839).  yang menyatakan bahwa hewan juga tersusun dari sel-sel.

~Lalu keduanya (Mathilas jacob schleiden & Theodor schwan)  merumuskan sebuah teori yang disebut "Teori Sel".
 Yaitu, Semua tubuh makhluk hidup tersusun dari sel. baik bersel  satu (uniseluler)) maupun bersel banyak (multiseluler).

~Penelitian lain dilanjutkan oleh felix dujardin (1835), yang  menyatakan bahwa bagian terpenting dari sel adalah isi sel.
 isi sel terdiri dari protoplasma, yang didalamnya terdapat  mitikondria yang berfungsi sebagai tempat pembentukan energi  pada proses respirasi.

~Rudolf virchow (1858) juga melakukan penelitian. dia menyatakan  bahwa sel berasal dari sel. maksudnya, sel melakukan proses  perkembang biakan atau pembelahan sel (reproduksi). 


0 Comment:

Posting Komentar

 

BLOGLOVIN' Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea