Jumat, 02 Agustus 2013

PENGERTIAN SEARCH ENGINE DAN CONTOHNYA

Di Posting --> halysha ashryy di Jumat, Agustus 02, 2013
 Secara bahasa, pengertian search engine adalah mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak. Search engine biasa digunakan untuk mencari informasi apa saja yang dibutuhkan, mulai dari informasi kerja, ilmu, gosip, berita dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian search engine sendiri adalah suatu program komputer yang dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan.

Cara kerja Search Engine :
Pada proses ini terdapat istilah spider. Spider ini bertugas mengumpulkan informasi mengenai blog atau situs tersebut.Setelah spider sudah mengumpulkan semua informasi blog Anda maka akan disimpan pada database . Penyimpanan ke database ini menggunakan index yang juga mencantumkan alamat URLnyaProses terakhir ini dilakukan berdasarkan perintah pengguna search engine. Ketika user melakukan pencarian dengan keyword yang dikehendaki maka Search engine akan menampilkan database berdasarkan hasil proses indexing. Search engine akan menampilkan judul, cuplikan artikel yang sesuai dengan keyword, dan cuplikan url.


Jenis-jenis search engine :
1. Human Organized Search Engine
Mesin pencari yang di kelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan memilah-milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.
2. Computer Created Search Engine
Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi, walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tidak relevan. Search engine ini telah menggunakan software spider yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengunpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.
3. Hybrid Seacrh Engine
Merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web.
4. MetaCrawler/Metasearch
Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin pencari yang ada.

Contoh-contoh search engine :







0 Comment:

Posting Komentar

 

BLOGLOVIN' Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea